Tim Dayung Yormanhanlan XII Turut Partisipasi Di Event Pontianak Internasional Dragon Boat and Khatulistiwa Run

Tim Dayung  Yormanhanlan XII Turut Partisipasi Di Event Pontianak Internasional Dragon Boat and Khatulistiwa Run

Media-Cakra101, Pontianak.- Tim Dayung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII berpartisipasi dalam event Pontianak International Dragon Boat di Alun-alun Pontianak Jl Rahadi Oesman Kec. Pontianak Barat Kota Pontianak-Kalbar. Minggu (23/09/2019).

Perlaksanaan Pontianak Internasional Dragon Boat dan Khatulistiwa Run 2019 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pontianak ke 248 yang jatuh pada tanggal 23 Oktober. Adapun rangkaian kegiatan meliputi kuliner, penampilan pagelaran seni dan budaya dari berbagai multi etnis di Indonesia seperti seni tari, musik, lompat batu dari Nias serta mendirikan telur terbanyak saat kulminasi matahari yang bersamaan dengan event International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run. Dan momen ini di agendakan untuk tercatat sebagai pemecahan rekor Muri.

Sebagaimana sambutan Gubernur Kalbar H. Sutarmadji, S.H., M.Hum., saat membuka acara tersebut tujuan di gelarnya event ini sebagai sarana mempererat silaturohmi, memupuk kesatuan bangsa dan nasionalisme serta melahirkan atlet dayung berprestasi dan ajang promosi pariwisata bahwa Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Dan kegiatan ini merupakan tindak lanjut sebagaimana arahan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo saat berkunjung ke Pontianak beberapa waktu yang lalu. Orang nomor satu Indonesia ini berharap agar Sungai Kapuas kerap digelar event-event, baik skala lokal, nasional bahkan Internasional.

-Sementara itu untuk event Dragon Boat menurut Ketua Panitia yaitu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, bahwa perlombaan Dragon Boat di bagi dalam 2 kategori, yaitu Lokal dan Internasional. Untuk kategori lokal di ikuti 6 Kabupaten Kota dan TNI di antaranya Sambas sebanyak 30 atlet, Bengkayang 44 atlet, Mempawah 44 atlet, Landak 22 atlet, Kubu Raya 44 atlet, Pontianak 44 atlet dan Yonmarhanlan XII 22 atlet. Untuk kategori Internasional di ikuti 6 tim mancanegara, yaitu Filipina, Malaysia, Brunai Darussalam, Filipina, Cina dan Australia, sedangkan dari Indonesia sendiri yang mewakili adalah tim Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Hadir dalam event tersebut : Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Danlantamal XII Laksma TNI Gregorius Agung.M.D., M.Tr(Hanla), Wadanlantamal XII Kolonel Marinir Bambang Heru Suseno, Danlanud Supadio Marsma TNI Palito, Kapolda Kalbar Irjen Polisi Drs. Didi Haryono, Wakapolda Kalbar Drs. Imam Sugianto, Danyonmarhanlan XII Mayor Marinir Sofian.C.U., M.Tr(Opsla), Wali Kota Pontianak Ir. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. serta Jajaran Forkopimda Kota Pontianak.

MC101- Dispen Kormar