Joint Concept Workshop II, Tingkatkan Pemahaman dan Kesiapan Operasional Prajurit TNI

Joint Concept Workshop II,  Tingkatkan Pemahaman dan Kesiapan Operasional Prajurit TNI

Media-Cakra101, Jakarta.-  Joint Concept Workshop II merupakan kegiatan pelatihan kedua yang dilaksanakan dalam bentuk seminar dengan tujuan untuk meningkatkan manajemen organisasi, latihan, operasi dan doktrin serta kesiapan operasional yang diselaraskan dengan strategi joint concept atau konsep gabungan. Demikian sambutan Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo selaku ketua delegasi TNI didampingi Rear Admiral (Ret) Micheal Smith yang diikuti oleh 30 prajurit TNI, bertempat di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin (30/9/2019).

Menurutnya, penggunaan joint concept dalam organisasi militer Amerika telah banyak diterapkan oleh beberapa negara di dunia. Dalam kerjasama United States-Indonesia Bilateral Defense Dialogue (USIBDD) telah sepakat mengadakan beberapa pelatihan yang salah satunya Joint Concept Workshop.

“TNI berkesempatan untuk mempelajari dan dapat mengambil hal-hal yang selaras dengan kultur TNI terutama dalam pelaksanaan tugas pokok TNI diantaranya, penanggulangan bencana, pemberian bantuan kemanusiaan dan keamanan maritim”, katanya.

Selanjutnya dikatakan, seminar selama tiga hari ke depan, tim defense governance and management program akan memberikan pelatihan kepada prajurit TNI dalam mengembangkan gagasan yang dapat disusun menjadi sebuah konsep gabungan.

“Kita berharap konsep tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi TNI dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana dan bantuan kemanusiaan”, tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa setiap prajurit TNI dituntut profesional dalam melaksanakan tugasnya, dengan terus memacu diri untuk belajar dan berlatih.

“Melalui konsep gabungan ini setidaknya prajurit TNI akan lebih siap menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis”, ungkapnya.

Sementara itu, Rear Admiral (Ret) Micheal Smith mengatakan bahwa tim yang dibentuk dalam joint concept workshop II, akan memberikan pelatihan atau sharing information tentang konsep gabungan.

“Tentunya pelatihan ini merupkan bagian dari upaya meningkatkan hubungan kerjasama Amerika-Indonesia dan menjadi bagian program USIBDD Tahun 2019”, pungkasnya.

MC101-Puspen TNI