Tim Dayung Yonmarhanlan XII Laksanakan Try Out di Alur Sungai Kapuas

Tim Dayung Yonmarhanlan XII Laksanakan Try Out di Alur Sungai Kapuas

Media- Cakra101, Pontianak.- Tim Dayung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII melaksanakan try out di aliran Sungai Kapuas Kec. Mempawah Timur Kab. Mempawah dalam rangka untuk persiapan lomba pembinaan satuan (Binsat) Korp Marinir th 2019. Jum’at (11/10/2019).

Pada tahap uji coba kali ini tim dayung Yonmarhanlan XII sengaja mengambil tempat di air tawar. Aliran sungai Kapuas di samping melatih kemampuan fisik, jiwa korsa antar atlit, menumbuhkan mental bertanding juga untuk mengetahui bahwasannya sungai kapuas yang mebentang dari bibir pantai selat Karimata hingga Putusibau yang merupakan titik perbatasan dengan Kalimantan Utara menyimpan sejuta misteri dan sejarah yang patut di ketahui. Belum lagi ekosistim yang hidup di sungai kapuas dengan beragam jenis dan ukurannya cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan perekonomian bagi warga di seputaran aliran sungai tersebut. Di samping itu aliran sungai kapuas mampu memberikan alternatif lahan pemasukan bagi warga sekitar disamping sebagai sarana transportasi juga mampu mempu menyedot wisatawan lokal untuk menikmati pemandangan di sepanjang aliran sungai kapuas.

Tantangan yang di hadapi bagi pendayung saat try out di sungai kapuas adalah arah/laju perahu karet melawan arus sungai yang cukup deras, disamping itu melatih tekong/pengemudi untuk lebih mahir dalam mengendalikan gerakan perahunya. Tantangan berikutnya mengingat media adalah air tawar tentunya terasa berat bila di bandingkan dengan air laut karena unsur garam dan daya gravitasi bumi. Namun sebelum aksi mendayung ini di mulai para atlit dayung melaksanakan streching/pemanasan serta cek up kesehatan agar dalam pelaksanaan dayung tidak mengalami trouble dan tidak lupa berdo’a mohon keselamatan serta kelancaran, dan hal yang tidak kalah penting yaitu membiasakan para atlit dayung untuk punya tanggung jawab terhadap diri sendiri dan material pada saat pra dan pasca mendayung.

Olah raga dayung membutuhkan kekuatan fisik yang baik bagi para pesertanya, untuk bisa menciptakan gaya atau gerakan yang sempurna selama melakukan dayungan sehingga tidak salah kiranya pelatih memberikan materi latihan kali ini untuk lebih menguasai teori mendayung karena pada prinsipnya olah raga mendayung yang merupakan kategori beregu tentu ada kapten dan awak perahu agar lebih terorganisir. Maka dari itu pada latihan ini yang mengambil tempat di sungai Kapuas dengan jarak 20 km jarak tempuh, di harapkan waktu tempuh bisa di raih seminimal mungkin. Saling percaya satu sama lain, proses pengendalian diri karena cuaca dan faktor kelelahan akan gampang mempengaruhi mental dan emosi dalam event dayung jarak jauh untuk itu kekompakan dan kerjasama tim harus terbangun dengan baik.

Titik start mengambil tempat dermaga Pelabuhan Pelelangan Ikan Desa Wan Salim Pasir Kec. Mempawah Timur dan finis di Taman Bestari Desa Terusan Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah – Kalbar. Adapun teory yang di praktekkan kali ini meliputi : dayung maju, dayung mundur, belok kanan, dayung balik, tarik kiri, tarik kanan, dayung kanan mundur, dayung kiri mundur, dayung geser kanan, dayung geser kiri, pendayung pindah tempat, dan lain-lain.

MC101- Dispen Kormar