Sosialisasi Doktrin Teritorial TNI Di Lanud Manuhua

Sosialisasi Doktrin Teritorial TNI Di Lanud Manuhua

Media – Cakra101, Biak.- Sosialisasi Doktrin dan Petunjuk Teritorial TNI Tahun Anggaran 2019 dilaksanakan di Ruang Sutarjono Lanud Manuhua Biak, Kamis (17/10). Peserta sosialisasi yang hadir berasal dari satuan kerja tiga matra TNI yang bertugas di Biak yaitu Koopsau III, Korem 173, Lanud Manuhua, Lanal Biak, Kodim 1708, Denpom XVII/1.

Dalam sambutan Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Daan Dulfi, S. Sos., yang dibacakan oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Manuhua Kolonel PNB Abram Tumanduk mengatakan, “saya ucapkan selamat datang di kota Biak kepada Tim sosialisasi dari Ster Mabes TNI dan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini”.

Kadisops menjelaskan lebih lanjut bahwa, “Kegiatan sosialisasi ini adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang doktrin yang terbaru yang akan menjadi acuan bagi seluruh prajurit TNI dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah Biak Numfor. Tujuan sosialisasi adalah untuk menghasilkan kesamaan persepsi, pola pikir, pola sikap dan pola tindak insan teritorial TNI dalam melaksanakan tugas pemberdayaann wilayah pertahanan di Biak Numfor”, paparnya.

Dalam perbincangan dengan salah seorang penceramah Letkol Adm Jusak Salamate, M. Si., mengatakan, “kami mengharapkan agar seluruh peserta di Satkowil wilayah Biak dapat memahami perubahan doktrin TNI termasuk doktrin fungsi teritorial dan buku petunjuk penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah. Selain itu kami berharap agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini dapat menerapkan materi doktrin teritorial TNI ini pada masyarakat di wilayah teritorial Biak Numfor”, ujarnya.

Dalam sambutan Aster Panglima TNI yang dibacakan oleh Paban II Puanter Ster TNI, Kolonel Pas Lintong Sormin Siregar mengatakan, “Kegiatan sosialisasi ini merupakan program Ster TNI tahun anggaran 2019 di 15 wilayah Kotama Operasi TNI yang dilaksanakan secara bergantian oleh masing-masing angkatan. Pada awal Triwulan ini dilaksanakan di Lanud Manuhua yang merupakan kegiatan lanjutan setelah program penyusunan doktrin dan petunjuk teritorial TNI tahun 2018”, paparnya.

Selanjutnya Kol Lintong Siregar menyampaikan penekanan Aster Panglima TNI: “pertama, ikuti dan laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dilandasi komitmen dan kesadaran yang tinggi untuk mengemban tanggungjawab sebagai insan teritorial TNI; kedua, manfaatkan momentum kegiatan ini sebagai sarana menambah informasi dan wawasan tentang doktrin teritorial TNI dan penyelenggaraan Binter TNI sekaligus nenjadi ajang silaturahmi bagi insan teritorial trimatra secara terpadu; ketiga, tingkatkan koordinasi serta kerjasama antar satuan dan antar matra agar terwujud soliditas dan sinergitas Binter TNI serta bersama komponen bangsa lainnya guna pencapaian tugas binter TNI AD, Binpotmar, Binpotdirga secara optimal.

MC101 – Dispenau