Rumtikal Marinir Cilandak Gelar Pelatihan Budaya Keselamatan Rumah Sakit

Rumtikal Marinir Cilandak Gelar Pelatihan Budaya Keselamatan Rumah Sakit

Media – Cakra101, Jakarta Selatan.- Budaya Keselamatan Rumah Sakit digelar oleh Tim Kelompok Kerja (KPRS) dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Rumkital Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Kamis, (7/11/2019).

Acara dibuka oleh Ketua Satuan Pengawas Internal (Ka SPI) Kolonel Laut (K) dr Hisnindarsyah, S.E.,M.H.,M.Kes mewakili Komandan Rumah Sakit Marinir (Danrumkitalmar) Cilandak Kolonel Laut (K/W) dr Jati Berandini Prastiwi, MARS.

“Rumah sakit merupakan area kerja yang memiliki resiko yang tinggi sehingga tidak selamanya layanan kesehatan yang diberikanoleh petugas dapat memberikan hasil yang sempurna sebagaimana yang diharapkan semua pihak, untuk itu RSMC melalui Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS) dan Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) berusaha menciptakan, menumbuhkan dan menjaga serta mengelola Budaya Keselamatan di RSMC secara berkesinambungan” Amanat Danrumkitalmar Cilandak yang dibacakan oleh Ka SPI.

Pada kesempatan itu Ketua Panitia Pelatihan Budaya Keselamatan Rumah Sakit Mayor Laut (K) dr Edy Prasetyo Sp. PA.menyampaikan “Pelatihan Budaya Keselamatan Rumah Sakit ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keselamatan Profesional Pemberi Asuhan (PPA) termasuk pasien dan keluargannya yang menjadi tanggung jawab asuhannya. Terciptannya lingkungan kerja yang kondusif dan saling menghormati antar PPA, belajar dari kegagalan yang terjadi dengan memandang insiden sebagai suatu kegagalan dari sistim yang perlu diperbaiki, menghilangkan budaya saling menyalahkan”.

Pembicara pada Pelatihan ini disampaikan oleh : 1. dr Vincentia, Sp.KK dengan materi “Membangun kesadaran akan nilai keselamatan pasien”. 2. drg Caecilia, Sp.Perio dengan materi “Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien “.

Pelatihan ini diikuti dan dihadiri 90 personil terdiri dari dokter-dokter yang berpraktek di Rumkitalmar Cilandak, para medis mulai dari Kepala Ruangan (Karu) dan anggota perwakilan tiap-tiap unit kerja serta tenaga kesehatan yang sehari harinya berhubungan dengan pasien dan keluargannya.

Acara ditutup dengan penandatanganan Komitmen mensukseskan budaya keselamatan Rumah Sakit.

MC101 -Dispen Kormar